Cara Membersihkan Bagian Senjata

Seperti yang diketahui setiap pemilik senjata, perawatan yang tepat menunjukkan pembersihan rutin bagian-bagian senjata dasar. Untuk pemula, ini mungkin terlihat seperti tugas yang menakutkan, tetapi dengan menggunakan langkah-langkah yang tepat, pistol dapat dibersihkan dengan aman dan efektif. Panduan khusus di bawah ini memandu pemilik senjata melalui dasar-dasar pembersihan bagian-bagian senjata, tetapi yang terbaik adalah selalu mengikuti semua jenis instruksi khusus yang disediakan oleh produsen senjata.

Langkah 1
Bongkar senjatanya. Sebelum melakukan hal lain, pastikan pistol sudah benar-benar dilepaskan. Periksa anak tangga dan laras untuk memastikan bebas dan bebas dari peluru. Jangan pernah mengabaikan langkah pertama yang paling penting ini.

Langkah 2
Pindah ke area kerja yang berventilasi baik dengan permukaan datar yang besar untuk dikerjakan. Bahan kimia pistol yang akan digunakan untuk mencuci memiliki bau yang menyengat, jadi ventilasi yang tepat adalah suatu keharusan. Meja atau meja kerja harus ditutup dengan kain yang nyaman di mana pistol dapat dilepas tanpa khawatir tergores atau rusak.

LANGKAH 3
Keluarkan kit pembersih senjata yang dirancang untuk jenis senjata yang sedang dibersihkan bersama dengan persediaan kain lap bersih. Ada set pembersih yang berbeda untuk berbagai jenis senjata. Jika Anda memiliki lebih dari satu jenis senjata api, ada juga alat pembersih yang dibuat untuk bekerja dengan berbagai jenis senjata. Mereka disebut kit Pembersih Universal dan biasanya dapat ditemukan di toko senjata atau sumber berburu mana pun. Bagian dasar dari kit cuci meliputi: pelarut pembersih bahan kimia pistol, oli untuk pelumasan, batang pembersih dengan klip dan tambalan pembersih. Beberapa produk juga menyertakan sikat kecil, tetapi sikat gigi juga bisa digunakan.
Jika Anda menyukai artikel pendek ini dan ingin menerima informasi lebih lanjut tentang Sig Sauer P229, silakan kunjungi situs web kami.

LANGKAH 4
Sekarang saatnya memulai prosedur pembersihan. Celupkan sikat atau sikat gigi ke dalam pelarut pembersih kimiawi dan bersihkan bagian dalam silinder dan rangka senapan. Meskipun lokasi ini mungkin kotor, dengan pembersihan yang tepat dan konsisten, tidak akan ada timbunan kotoran dan kotoran yang berlebihan. Setelah menggosok, seka area tersebut dengan lap bersih yang sudah kering untuk menghilangkan kotoran plus bahan kimia pembersih.

LANGKAH 5
Pasang tambalan pembersih ke ujung batang pembersih menggunakan potongan yang disediakan. Rendam bagian pembersih dengan pelarut pembersih bahan kimia gun sampai jenuh, tetapi tidak menetes. Dorong tongkat secara perlahan ke laras, bersihkan bagian dalam senjata saat didorong. Gantilah tambalan pembersih yang kotor dan basah dengan yang bersih dan rendam dengan pelarut saat batang menusuk melalui ujung laras atau klip lainnya. Lanjutkan membersihkan laras dengan cara ini, ganti tambalan pembersih setiap kali masuk melalui laras. Mungkin diperlukan 4 atau 5 kali sebelum laras benar-benar bersih dan tambalan kering meluncur melalui tanpa sisa residu di atasnya.

LANGKAH 6
Langkah terakhir adalah melumasi bagian senjata tertentu dengan oli yang akan disertakan dalam kit pembersih. Pasang patch pembersih baru ke ujung batang pembersih, rendam dalam minyak dan geser ke dalam laras senapan dan keluar lagi. Kemudian, dengan menggunakan kain lap bening, oleskan sedikit minyak ke bagian yang bergerak dari senjata, ujilah di sepanjang jalan untuk memastikannya dalam keadaan baik.

Setelah pistol dibersihkan, singkirkan bahan kimia pistol dan kain kerja. Luangkan waktu untuk menyimpan barang-barang dengan rapi, agar pada saat senjata siap untuk dicuci dapat ditemukan dengan mudah. Perawatan senjata adalah tentang menjadi teliti, sabar, dan berpegang pada rutinitas. Dengan perawatan dan pembersihan yang baik, senjata bisa bertahan seumur hidup.