Mengapa Anda Harus Mempraktikkan Manajemen Reputasi Online?

Setiap organisasi memandang reputasi sebagai aset bisnis penting yang perlu dibangun dan dilindungi serta dipelihara untuk memastikan reputasi tersebut meningkatkan nilai merek Anda. Itulah sebabnya telah diamati bahwa perusahaan menggunakan disiplin tradisional media dan hubungan masyarakat untuk sesuatu yang disebut manajemen reputasi online. Ini semua tentang menjaga organisasi Anda dari segala jenis bahaya reputasi. Dan hari ini dengan munculnya media sosial dan ledakan informasi online, menjaga reputasi tidak hanya dengan media, pemangku kepentingan, dan badan pengatur, tetapi dengan seluruh komunitas pengguna internet menjadi penting.

Perlunya manajemen reputasi online

Internet telah memudahkan orang untuk terlibat dalam percakapan, berbagi pandangan tentang berbagai topik secara online menggunakan saluran media sosial seperti Twitter, Facebook, berbagai forum online, dll. Pelanggan, karyawan, klien potensial Anda semuanya ada di sana untuk mendiskusikan merek Anda, memposting komentar di situs yang berbeda- beberapa menguntungkan beberapa tidak.

Anda tidak dapat memiliki kendali atas apa yang mereka katakan tentang produk, layanan, atau perusahaan Anda. Mereka akan vokal tentang pendapat mereka, suka atau tidak, dan akan sangat memengaruhi keputusan calon pelanggan yang memilih untuk meneliti merek Anda secara online. Ini dapat menimbulkan banyak ancaman reputasi yang perlu Anda lawan, mengharuskan Anda untuk memantau keberadaan online Anda dengan hati-hati dan mengelolanya secara metodis. Berikut adalah informasi lebih lanjut mengenai reputasi bisnis, lihat di halaman web.

Beberapa komentar yang merugikan dari seseorang di situs Twitter dapat menjadi viral dengan ribuan pengguna internet men-tweet dan memposting komentar di dalamnya dan ribuan orang lain melihatnya. Ketika media arus utama mengambil berita, orang-orang akan mulai ngeblog dan memposting komentar tentang hal yang sama di situs jejaring sosial sehingga komentar negatif akan muncul di hasil pencarian Google selama berbulan-bulan mendatang.

Manajemen reputasi online untuk menangani situasi krisis

Seperti kata pepatah, lebih baik aman daripada menyesal, perusahaan harus siap dengan sumber daya untuk krisis reputasi online. Mempraktikkan manajemen reputasi online berarti Anda selalu waspada terhadap tanda-tanda masalah dan siap menghadapi kesulitan apa pun yang terkait dengan branding online. Sebaiknya letakkan rencana dan proses agar Anda dapat dengan cepat merespons ketika reputasi online Anda sedang diserang.

Ini adalah proses mengikuti pelanggan Anda secara online dan menganalisis apa yang mereka katakan tentang produk atau layanan Anda dan kemudian terlibat dengan pelanggan dengan mengambil bagian dalam percakapan. Manajemen reputasi online berfungsi sebagai sistem peringatan yang memungkinkan Anda untuk memantau reputasi online Anda dan bertindak cepat jika ada masalah. Misalnya, Anda dapat dengan cepat menanggapi keluhan pelanggan, rumor online, dan mengambil tindakan untuk menangani informasi yang tidak benar atau tidak benar tentang Anda yang mungkin menyebar ke seluruh web.

Kesimpulan

Reputasi yang tercemar dapat menyebabkan kerusakan tambahan. Dan sangat sulit untuk memproyeksikan kerusakan yang dapat dilakukan oleh satu komentar, blog, atau foto negatif setelah dikirim ke jutaan orang yang terlibat dalam jejaring sosial. Manajemen reputasi online dengan demikian hari ini perlu diberikan prioritas utama. Manajemen reputasi online adalah bagian penting dari manajemen risiko saat ini dan harus demikian juga di masa depan.