Persisnya mengapa Bursa Saham Makedonia Tidak Berhasil?

Bursa Efek Makedonia (MSE) tidak berfungsi dengan baik. Benar, beberapa parameter yang kami gunakan untuk mengukur keberhasilan suatu bursa akhir-akhir ini meningkat di MSE. Misalnya, quantity kas bulanan meningkat seiring dengan jumlah transaksi. Tapi ini jauh dari kesuksesan.

Siapa yang harus disalahkan? Apakah manajemen MSE saat ini tidak kompeten?

Saya sebenarnya tidak berpikir demikian. Sebenarnya, menurut saya MSE memiliki tim administrasi yang sangat baik, melakukan yang terbaik untuk memasukkan teknik perdagangan baru dan membuat daftar perusahaan baru. Masalahnya ada di tempat lain.

Bursa saham adalah pasar keuangan yang sangat penting. Ini adalah instrumen pembiayaan yang sangat efisien dan terlihat. Di Barat, ini digunakan untuk membiayai sebagian besar kebutuhan perusahaan, jauh di atas pembiayaan yang dapat diakses dari bank. Individu dan perusahaan menabung sebagian dari pendapatan mereka dan menginvestasikannya. Bursa saham adalah tempat konferensi bagi penabung yang ingin menginvestasikan tabungan mereka – dan perusahaan yang mencari investasi.

Fungsi lain yang terkait dengan bursa saham adalah membantu otoritas pemerintah dalam membiayai kebutuhan pendanaan inner mereka. Pemerintah menjual kewajiban (disebut obligasi) kepada investor melalui bursa saham di negara mereka. Oleh karena itu, bursa saham merupakan alat yang sangat diperlukan untuk mendanai kembali utang nasional.

Tetapi beberapa syarat harus berlaku sebelum pertukaran investasi berfungsi dengan baik.

Masalah terpenting adalah keberadaan ekonomi berkembang yang sehat di negara bursa itu. Investor berduyun-duyun ke ekonomi yang kuat dan menghindari tipe yang sakit-sakitan.

Secara sepintas lalu, ekonomi Makedonia termasuk dalam kategori terakhir. Pengangguran yang lebih tinggi, tabungan rendah, pembangunan terbelakang, perdagangan yang menganga dan defisit obligasi. Tapi ini ilusi optik. Perekonomian berada dalam masalah yang jauh lebih baik yang harus diakui oleh kebanyakan orang Makedonia. Angka pengangguran miring. Mereka mencerminkan upaya untuk menghindari pembayaran pajak sosial – bukan pengangguran nyata. Iklim ekonomi berkembang, bahkan dengan kutipan resmi. Ekonomi hitam sebenarnya tumbuh lebih cepat. Defisit termasuk dalam infus modal yang sangat besar dari negara-negara pelanggan. Makedonia menerima lebih banyak kredit a kapita dunia daripada Rusia. Selalu mudah untuk menyalahkan iklim ekonomi yang memburuk – tetapi angka obyektif yang dingin tidak mendukung hal ini.

Ketika ekonomi tumbuh – keuntungan perusahaan (termasuk yang diklasifikasikan oleh UMK) akan tumbuh karenanya. Ini membuat saham bisnis ini menarik untuk dibeli.

Karena tidak ada yang membeli – kita harus mencari masalahnya di tempat lain.

Bursa saham yang sejahtera pasti terkait dengan keberadaan manajemen ekonomi makro dan kecil yang tepat. Makedonia memiliki lebih dari bagiannya yang terkait dengan masalah dalam hal ini.

Proses transformasi yang terkait dengan bisnis dengan modal sosial memperoleh empat kelemahan dasar:

pertama, ia tidak memperkenalkan manajemen, ide atau modal baru ke perusahaan yang terkepung yang “diubah”. Pasar sama sekali tidak percaya bahwa mereka telah diubah. Orang yang sama menjalankan pertunjukan yang sama dengan topi yang berbeda.

Kedua, transformasi tersebut melanggar konsep Hierarki, rantai yang terkait dengan perintah.

Ini mengaburkan perbedaan antara tenaga kerja (pekerja) dan dana (pemilik). Apa yang salah dengan itu adalah bahwa sebuah kapal harus memiliki seorang kapten – dan hanya seorang kapten. Seseorang harus memiliki otoritas dan tanggung jawab. Manajemen grup bukanlah manajemen sama sekali.

Selanjutnya, perubahan inovasi dan revitalisasi dicegah. Perubahan apa yang bisa datang dari sekelompok manajer yang lelah? Bagaimana mungkin ribuan pemilik memutuskan untuk memperburuk kondisi tenaga kerja – kerja jika pemilik dan buruh adalah lajang dan sama? Jadi, manajemen akan tercemar oleh pertimbangan non-ekonomi yang tidak relevan: perebutan kekuasaan antar kelompok pekerja, pertimbangan sosial dan politik.

Kami mengidentifikasi satu penjahat. Yang lainnya adalah suku bunga (riil) tinggi. Setiap kali suku bunga tinggi, tiga hasil mencegah resusitasi bursa:

Pertama, perusahaan memiliki biaya pendanaan yang tinggi (pembayaran bunga) – yang menurunkan keuntungan mereka. Kedua, tidak menguntungkan meminjam uang dan membelanjakan uang untuk saham.

Ketiga, lebih menarik untuk menginvestasikan uang di deposito lender, menghasilkan tingkat bunga tinggi – daripada di saham. Suku bunga tinggi adalah racun bursa saham.

Hal yang sama juga berlaku untuk tingkat tabungan yang rendah.
Jika Anda memiliki pertanyaan terkait di mana dan bagaimana cara terbaik untuk menggunakan Bitcoin ke PayPal, Anda dapat menghubungi kami melalui halaman web.
Jika individu dan perusahaan tidak menabung: tidak ada modal yang tersedia untuk investasi di saham.

Ini, tepatnya, situasi saat ini di Makedonia: suku bunga yang sangat tinggi ditambah dengan tabungan yang sangat rendah. Ada ketidakpercayaan mendasar antara klien dan lender mereka. Mereka memilih cara lain untuk menyimpan uang mereka.

Tetapi semua hal di atas masih jauh dari daftar prasyarat untuk berfungsinya bursa saham.

Investor harus memiliki informasi yang tepat waktu, akurat dan lengkap mengenai perusahaan tempat mereka berinvestasi. Hal ini akan memungkinkan mereka untuk merespon secara real-time terhadap kemajuan perusahaan dan untuk mencegah kegagalan. Ini juga akan membuat sulit untuk menipu mereka – yang mana kita semua sampai pada pertanyaan tentang persyaratan akuntansi. Baru belakangan ini aturan akuntansi di Makedonia direvisi agar sesuai dengan sistem akuntansi Barat. Bahkan sekarang, kesamaannya sangat tipis. Perusahaan Makedonia mempertahankan sistem akuntansi ganda. Satu kelompok buku didorong oleh pajak. Ini dirancang untuk menunjukkan kerugian atau keuntungan atas kemauan manajemen. Rencana cadangan tersembunyi yang rumit terletak di jantung laporan keuangan tipikal perusahaan Makedonia. Seperangkat buku teks lainnya – jika disimpan sama sekali – mencerminkan kenyataan. Ini adalah penghalang besar bagi investasi asing – dan investor asing menjadi pendorong utama di setiap bursa saham modern.

Kepercayaan investor di bursa saham didasarkan pada undang-undang untuk melindungi hak milik mereka yang bertentangan dengan manajemen perusahaan terhadap otoritas ditambah terhadap investor lain yang mungkin ingin mencurangi pasar atau memanipulasi harga saham.

Tapi hukum tanpa sistem peradilan dan penegakan hukum yang efektif seperti bursa saham tanpa uang. Untuk menegakkan hak milik di Makedonia membutuhkan waktu lama dan hasilnya tidak pasti. Hukum dan peraturan, peraturan sedang dalam tahap embrionik dan beberapa dari mereka tampaknya telah melakukan aborsi: mereka dengan tergesa-gesa dan tidak bijaksana disalin kata demi kata dari kodeks resmi negara lain (Jerman, Inggris).

Terakhir – tetapi tidak kalah pentingnya – adalah keberadaan pasar yang adil, transparan, dan tidak korup. Bursa saham tertentu, lender, otoritas pengatur, polisi dan pengadilan harus tidak dicurigai. Agar pasar menjadi benar-benar efisien – pasar harus benar-benar bebas dari pertimbangan dan theme tersembunyi apa pun. Korupsi mendistorsi mekanisme dan kekuatan alokasi pasar. Ini sangat mudah dilihat dalam transaksi di bursa saham untuk dilihat semua orang. Bagaimanapun juga, perdagangan saham adalah karya dari ekonomi lokal.

Tapi ada masalah yang menjulang di atas semua masalah lain dan hampir endemik di Makedonia. Ini membantu menjelaskan banyak kesulitan di bursa saham di Skopje. Ini adalah fakta bahwa pasar kehilangan pemain terpenting: Pemerintah.

Investor – baik asing maupun domestik: mencari Pemerintah untuk aktif di bursa saham terdekat. Pemerintah di seluruh dunia menggunakan bursa saham mereka sendiri untuk menjual saham yang terkait dengan perusahaan milik negara kepada rakyatnya. Bursa menjadi mekanisme pendistribusian kekayaan negara – seperti yang diwujudkan oleh bisnis milik negara – kepada seluruh warga negara. Seperti yang kami katakan sebelumnya, pemerintah juga menggunakan bursa untuk meminjam uang dengan menggunakan warganya.

Pemerintah Makedonia tidak melakukan keduanya. Ini benar-benar mengabaikan MSE. Tidak ada satu perusahaan pun yang diprivatisasi melalui MSE. Tidak satu pun Denar yang dipinjam dari seorang warga Makedonia melalui itu. Aktivitas pemerintah di bursa saham adalah bukti bahwa pemerintah national mempercayainya. Oleh karena itu, jika tidak beroperasi di bursa – ini membuktikan bahwa ia tidak mempercayainya. Jika pemerintah tidak mempercayai bursa tertentu di negaranya: mengapa investor harus percaya?

Ada beberapa karakteristik struktural tambahan yang dianggap sebagai ciri khas bursa yang sehat. Tetapi itu adalah produk sampingan dari semua kondisi yang disebutkan di atas.

Perdagangan saham harus likuid agar investor dapat mengubah sahamnya menjadi uang dengan mudah dan cepat. Ini harus mencakup banyak pilihan investasi: secara profesional, harus terdiversifikasi. Hal ini memungkinkan investor untuk memilih dari berbagai aset dan juga untuk mengurangi risiko mereka hanya dengan membagi uang mereka di antara sejumlah jenis investasi.

Manajemen dari bursa dapat membantunya dengan menghadirkan teknik perdagangan yang efisien, sistem investasi dan penyelesaian yang terkomputerisasi dan lain sebagainya. Investor yang lebih cepat mendapatkan uang mereka ketika mereka menjual saham mereka – semakin mereka cenderung untuk beroperasi dalam bursa saham yang memungkinkan mereka untuk itu. Semakin sederhana mereka melikuidasi properti dengan bertemu pembeli – semakin besar keinginan mereka untuk bekerja di pasar saham itu.

Berinvestasi di bursa saham di pasar negara berkembang terus menjadi keputusan yang tidak menguntungkan dalam tiga tahun terakhir. Pertukaran saham dari Rusia ke Hongaria dan dari Lituania ke Belgia telah diejek liar sejak akhir 1993.

Mereka menyerupai roller coaster dalam penampilan mereka, naik turun puluhan persen setiap tahun. Ada pengecualian untuk aturan ini. Bursa Ljubljana, misalnya. Volume perdagangan di sana telah meningkat sepuluh kali lipat sejak Desember 1993 – dan kapitalisasi pasar naik tiga puluh kali lipat. Tetapi ini karena efisiensi ekonomi umum di Slovenia. Di Kroasia, pemerintah memprivatisasi kepemilikannya di perusahaan milik negara dengan cara melelang saham ke publik melalui Zagreb Stock Exchange. Itu telah banyak membantunya.

Bursa saham yang baru didirikan sangat fluktuatif dan sangat berbahaya. Volatilitas sejalan dengan risiko. Itu adalah investasi jangka panjang. Sejak tahun 1988, mereka mengungguli bursa saham yang lebih mapan di dunia, seperti Wall Construction Road.